in

HAKIM KABULKAN PERMOHONAN PENCABUTAN PRAPERADILAN KIVLAN ZEIN

Jakarta, 11 September 2019.

Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang praperadilan secara terpisah, karena ada 4 gugatan praperadilan yang dimohonkan oleh Kivlan Zen.

Hakim Tunggal Krisnugroho kabulkan permohonan pencabutan praperadilan dari Pemohon Kivlan Zen. dalam persidangan yang dilaksanakan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Kivlan Zen yang menguasakan permohonan praperadilannya kepada Kuasa Hukumnya yang diketuai oleh Tonin Tachta Singarimbun mempraperadilankan Polri dengan 4 permohonan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Kami akan terus menjaga dan mengawal prapradilan Polri hingga tuntas,” kata Tonin Tachta Singarimbun di PN Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019).

Persidangan praperadilan 4 permohonan tersebut mulai dibuka hari Jumat tanggal 6 September 2019, dengan agenda Pembacaan Permohonan Praperadilan Pemohon dan Penyerahan Surat Kuasa.

Kuasa Hukum Termohon, AKP Budi Novianto beserta tim dari Bidang Hukum Polda Metro Jaya, berpendapat bahwa praperadilan yang diajukan Kivlan Zen akan gugur apabila hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat membuka sidang.

“Sekalipun surat dakwaan terkait perkara terkait kepemilikan senjata illegal tidak jadi dibacakan, tetapi sidang telah dibuka hakim, secara otomatis praperadilan akan gugur,”  kata AKP Budi Novianto pada jawaban Termohon dalam sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (09/09/2019).

“Menurut saya, praperadilan otomatis gugur dengan sendirinya. Tinggal penetapan administrasi praperadilan supaya punya kepastian,” tambah Budi Novianto. Disampaikan Budi, Mahkamah Konstitusi telah memperjelas ketentuan gugurnya praperadilan yang diatur dalam Pasal 82 Ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). MK memutus bahwa frasa “suatu perkara sudah mulai diperiksa” adalah saat sidang dibuka hakim.

Dijelaskan Budi Novianto, permohonan penundaan pembacaan dakwaan, hari sidang berikutnya adalah sidang kedua. Sementara pada sidang pertama, hakim telah mengeluarkan ketetapan penundaan pembacaan dakwaan.

Written by jesaya siahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KEMENKUMHAM RI GELAR FGD PERUBAHAN UNDANG – UNDANG JAMINAN FIDUSIA

FIDUSIA