in

Karhutla

DI INDONESIA PERMASALAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN TELAH MENJADI ISU NASIONAL YANG PATUT MENDAPAT PERHATIAN SERIUS DAN PEMERINTAH. KEJADIAN INI TERJADI SETIAP TAHUN SECARA BERULANG KHUSUSNYA DI PULAU SUMATRA DAN PULAU KALIMANTAN DENGAN LUAS CAKUPAN DAN JUMLAH TTITIK (HOTSPOT) YANG BERVARIASI.

PENYEBAB TERJADINYA KEBAKARAN HUTAN

PENYEBAB TERJADINYA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN SECARA UMUM DISEBABKAN OLEH DUA FAKTOR. PERATAMA, KARENA FAKTOR KELALAIAN MANUSIA YANG SEDANG MELAKASANAKAN AKTIVITASNYA DIDALAM HUTAN. KEDUA, KARENA FAKTOR KESENGAJAAN YANG SENGAJA MANUSIA MEMBUKA LAHAN DAN PERKEBUNAN DENGAN CARA MEMBAKAR.

KEBAKARAN HUTAN KARENA FAKTOR KELALALAIAN MANUSIA JAUH LEBIH KECIL DIBANDING DENGAN FAKTOR KESENGAJAAN. PEMBUKAAN LAHAN DENGAN CARA MEMBAKAR HUTAN DILAKUKAN PADA SAAT PEMBUKAAN LAHAN BARU ATAU PEREMAJAAN TANAMA INDUSTRI PADA WILAYAH HUTAN. PEMBUKAAN LAHAN DENGAN MEMBAKAR BIAYANYA MURAH, TETAPI JELAS CARA INI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DAN MENIMBULKAN DAMPAK YANG SANGAT LUAS KERUGIAN YANG DITIMBULKANNYA JUGA SANGAT BESAR DAMPAK YANG SANGAT LUAS.

DAMPAK KEBAKARAN HUTAN

KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN BERDAMPAK PADA RUSAKNYA EKOSISTEM DAN MUSNAHNYA FLORA DAN FAUNA YANG TUMBUH DAN HIDUP DI HUTAN

ASAP YANG DITIMBULKAN JUGA MENJADI POLUSI UDARA YANG DAPAT MENYEBABKAN PENYAKIT PADA SALURAN PERNAPASAN SEPERTI INFEKSI SALURAN PERNAFASAN ATAS (ISPA), ASMA, PENYAKIT PARU OBSTRUTIF KRONIK. SELAIN ITU ASAP BISA MENGGANGGU JARAK PANDANG, TERUTAMA UNTUK TRANSPORTASI PENERBANGAN

DAMPAK LAINNYA.

KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN MENYYEBABKAN TERSEBARNYA ASAP DAN EMISI GAS KARBONDIOKSIDA DAN GAS-GAS LAIN KE UDARA YANG BERDAMPAK PADA PEMANASAN GLOBAL DAN PERUBAHAN IKLIM.

KEBAKARAN HUTAN AKAN MENYEBABKAN HUTAN MENJADI GUNDUL SEHINGGA TAK MAMPU MENAMPUNG CADANGAN AIR SAAT MUSIM HUJAN. HAL INI YANG MENJADI FAKTOR TERJADINYA TANAH LONGSOR MAUPUN BANJIR.

BERKURANG SUMBER AIR BERSIH DAN MENYEBABKAN KEKERINGAN KARENA KEBAKARAN HUTAN MENYEBABKAN HILANGNYA PEPOHONAN YANG MENAMPUNG CADANGAN AIR.

Written by jesaya siahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perlindungan Konsumen

Pembukaan Pelatihan PKPA