in

BIDKUM POLDA METRO JAYA GELAR FGD “PROFESIONALITAS PENYIDIK SEBAGAI IMPLEMENTASI PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2019 TENTANG PENYIDIKAN TINDAK PIDANA”

Bidkum Polda Metro Jaya dibawah pimpinan Kombes Pol. Hengki S.I.K., M.H., menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang mengambil tema “Profesionalitas Penyidik sebagai Implementasi Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana”, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman terhadap personel Polda Metro Jaya khususnya Penyidik Polda Metro Jaya mengenai Perkap Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana yang merupakan Perkap baru yang dikeluarkan oleh Kapolri sebagai pengganti Perkap Nomor 14 Tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana serta tindakan yang harus dilakukan oleh Penyidik dalam melakukan Penyidikan sehingga dapat dikategorikan menjadi Penyidik yang Profesional.

Dengan mengambil Tema tersebut, Bidkum Polda Metro Jaya menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, antara lain Itwasum Mabes Polri selaku unsur pengawas yang diwakili oleh KOMBES POL Drs. DANI WISMA WARDANA dengan menyampaikan materi “peran fungsi Pengawasan Polri dalam menjamin Penyidikan yang profesional“, Div Propam Polri selaku unsur pembinaan profesi dan pengamanan di lingkungan internal Polri yang diwakili  KOMBES POL RAFIK A. RAFIK S.E., M.H., dengan menyampaikan materi “peran fungsi Propam Polri dalam menangani pengaduan Penyidik yang tidak professional”, Div Kum Polri selaku Unsur Pendampingan Hukum anggota Polri yang melakukan kesalahan disiplin maupun Kode Etik yang diwakili BRIGJEN POL Drs. HAPSORO WAHYU PRIYANTO, S.H., M.M., M.H dengan menyampaikan materi “teknis pendampingan terhadap anggota Polri yang berhadapan dengan hukum dalam pelaksnaan tugas dan kehidupan sehari-hari”, dan Bareskrim Polri selaku Unsur Penegak Hukum yang mengimplementasikan Perkap tersebut diwakili oleh  KOMBES POL CHAIRUL AZIS, S.I.K, M.Si, M.H dengan menyampaikan materi “Profesionalitas Penyidik dalam implementasi Perkap Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana dan peran Wassidik dalam pengawasan Penyidikan“.

FGD tersebut berlangsung di Hotel Veranda, pada tanggal 14 November  2019. Adapun peserta FGD terdiri dari Perwakilan Satker Itwasda, Bidpropam, Kasubdit serta Biro Wasiddik Ditereskrimum, Ditreskrimsus, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya serta Kasiwas, Kasipropam, Kasubbagkum, dan Kasat Serse Polres Jajaran Polda Metro Jaya.

Dalam Kesempatan tersebut, Wakapolda Metro Jaya BRIGJEN POL WAHYU HADININGRAT, SIK, MH, sekaligus membuka acara, menyatakan bahwa dengan dikeluarkanya Peraturan Kapolri baru ini, diakui bahwa Manajemen Penyidikan Polri Mengalami Kemajuan Luar Biasa. dimana dalam melangkah proses hukum, tidak hanya berdasarkan azas kepastian, tetapi kemanfaatan hukum. Selain itu, dengan adanya Perkap Ini, juga diharapkan akan lebih mempermudah proses Penyidikan dan bisa memberikan proteksi dari bebagai macam intervensi terhadap Penyidikan. Sejalan dengan apa yang disampaikan Wakapolda Metro Jaya, adanya kegiatan FGD ini, diharapkan dapat dijadikan wadah pembinaan untuk personel polda metro jaya khususnya penyidik untuk melaksanakan tugas secara professional dan bersungguh sungguh, agar dapat meminimalisir komplain dari masyarakat sehingga penyidik terhindar dari pelanggaran disiplin, kode etik maupun pidana, serta kepercayaan masyarakat terhadap Polri akan terus meningkat.

Written by jesaya siahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PENGARAHAN KEPADA BRIMOB DAN SABHARA NUSANTARA DARI KABIDKUM POLDA METRO JAYA BERSAMA WAKAPOLDA METRO JAYA