MAKNA WARNA

  1. Warna dasar merah melambangkan semangat dalam bekerja dan cinta Institusi.
  2. Garis tepi lingkaran berwarna hitam melambangkan penguasaan Ilmu pengetahuan di bidang  hukum dan kebulatan tekad untuk mencapai pribadi yang bermoral.

   MAKNA BENTUK

  1. Lingkaran bentuk oval melambangkan satu kesatuan di segala bidang hukum dengan harapan hukum dapat ditegakkan.
  2. Lambang perisai yang memberikan perlindungan hukum bagi anggota Polri dan masyarakat serta memberantas ketidakadilan dan menegakkan kebenaran.

   MAKNA TULISAN HUKUM

  1. Menurut Capitant:
    Hukum adalah keseluruhan daripada norma-norma yang secara mengikat mengatur hubungan antarmanusia dalam masyarakat.
  2. Menurut Drs. C. Utrecht, S.H.
    Hukum adalah himpunan peraturan-peraturan yaitu yang berisi perintah-perintah dan larangan-larangan yang mengurus tata tertib suatu masyarakat, oleh karena itu harus ditaati oleh masyarakat itu.
  3. Yang dimaksud tulisan hukum warna hitam pada TIK yaitu untuk menunjukkan seorang yang berdiri di fungsi hukum harus menaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku.

MAKNA TULISAN FIAT JUSTITIA RUAT COELUM

Tulisan Fiat Justitia Ruat Coelum warna hitam dengan dasar warna kuning mengandung arti hendaklah keadilan ditegakkan walaupun langit akan runtuh.

MAKNA TRIBRATA

Lambang Tribrata adalah pedoman hidup Polri sebagai abdi utama dari rakyat, Polri yang tumbuh dan berkembang dari rakyat untuk rakyat harus berinisiatif dan bertindak sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

MAKNA TIMBANGAN DAN BUKU

Timbangan dan buku dengan warna kuning emas melambangkan keadilan yang diperoleh melalui keseimbangan dengan mematuhi segala Peraturan Perundang-undangan.