VISI

Mampu menyelenggarakan pembinaan hukum yang meliputi bantuan dan nasehat hukum, penerapan dan penyuluhan hukum untuk menjamin perlindungan hukum dan kepastian hukum

MISI

Dalam rangka mewujudkan visi Bidkum tersebut di atas, maka misi Bidkum dirumuskan sebagai berikut:

  1. Memberikan solusi, bimbingan jalan keluar terhadap permasalahan yang diajukan dengan prosedur yang baik di Bidkum untuk diarahkan kepada institusi yang berwenang dan berkompeten.
  2. Memberikan saran dan pendapat hukum solusi terbaik penanganan kasus dengan memberikan saran alternatif beserta akibat hukumnya.
  3. Mempelajari dan menelaah permohonan dan perlindungan hukum secara teliti dan cermat.
  4. Mengkoordinasikan dengan penyidik yang menangani perkara tersebut secara intensif.
  5. Merancang dan membuat program hukum bagi anggota Polda Metro Jaya dan jajarannya.
  6. Menyelenggarakan penyuluhan hukum dan sosialisasi tentang perkara-perkara berupa peraturan perundang-undangan maupun materi lain yang dipandang perlu dan relevan bagi tugas Polri sebagai anggota Polri diharapkan untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan baik
  7. Menyelenggarakan penerapan hukum di lingkungan Polda Metro Jaya terhadap peraturan perundang-undangan yang dilanggar anggota dengan cara membuat saran hukum sesuai peraturan pemerintah.
  8. Meningkatkan peranan fungsi pembinaan hukum untuk menjamin perlindungan dan kepastian hukum dalam lingkungan Polda Metro Jaya.
  9. Memberikan nasehat dan pertimbangan hukum berkenaan dengan masalah-masalah hukum dalam pelaksanaan tugas Polri dan bantuan hukum terhadap anggota Polri dan keluarganya.